corning gorilla glass

tabloidhandphone.com – Dengan hadirnya ponsel berlayar sentuh, keamanan terhadap goresan maupun benturan merupakan momok bagi para pengguna. Namun semua itu sekarang sudah teratasi dengan hadirnya sebuah anti-gores layar yang diberi nama Gorilla Glass.

Seperti yang kita lihat dari namanya, anti-gores ini memiliki keukatan bak gorilla demi melindungi layar agar terhindar dari goresan maupun benturan. Nah, apa aja sih keunggulan serta kehebatan Gorilla Glass? Yuk simak lebih lanjut.

Apa Itu Gorilla Glass?

Gorilla Glass adalah sebuah kaca yang diperkuat secara khusus dan dikembangkan oleh salah satu perusahaan besar, Corning. Saat ini, anti-gores Gorilla Glass sudah memasuki generasi ke-5 dan diproduksi dibeberapa negara seperti Amerika, Taiwan dan Korea. Gorilla Glass dirancang tipis dan anti-rusak.

Sejarah Gorilla Glass

Corning, salah satu perusahaan yang membuat anti-gores ini memulai eksperimennya dengan sebuah kaca yang diperkuat secara kimiawi. Perusahaan tersebut menamai produk pertamanya sebagai Chemcor, sekitar tahun 1960-an. Produk Chemcor ini terus digunakan hingga awal tahun 1990-an, dan pada 2005, muncul sebuah wacana yang mengaplikasikannya pada produk elektronika. Corning memperkenalkan produknya secara komersil pada tahun 2007 silam.

Penggunaan Gorilla Glass?

Selain dapat digunakan untuk melindungi layar ponsel, Gorilla Glass juga dapat diaplikasikan untuk pelindung kaca lain. Salah satu perusahaan raksasa yang bergelut dibidang otomotif, Ford, diketahui menggunakan produk Gorilla Glass untuk kaca depan dan belakang super car Ford GT.

Mengapa Goriilla Glass Memiliki Ketahanan yang Mumpuni?

Gorilla Glass diproduksi secara khusus secara kimiawi dengan proses pertukaran ion. Pembuatan anti-gores ini direndam di alkaline potassium salt cair pada temperature 400 derajat. Ion-ion tadi akan bertukar dengan ion kaca sehingga tercipta lapisan khusus pada permukaan.

Apa Keunggulan Anti-gores Gorilla Glass?

Tahan gores dan tahan banting, itulah yang terbesit dibenak kita ketika mendengar anti-gores Gorilla Glass . Gorilla Glass generasi ke-5 diketahui memiliki kekuatan benturan yang lebih baik lagi dari pendahulunya. Generasi ke-5 dapat menahan benturan dari ketinggian 1,6 meter dengan probabilitas sekitar 80 persen. Dengan demikian, Gorilla Glass 5 ini lebih tinggi 4x lipat dibanding rata-rata kaca display lain. Selain memberikan pertahanan terhadap kaca, Gorilla Glass juga mampu meningkatkan sensivitas layar sentuh.

 Siapa Saja yang Menggunakan Gorilla Glass?

Pengguna pertama Gorilla Glass adalah raksasa teknologi yang bermarkan di Amerika Serikat, Apple. Setelah itu, barulah Samsung sebagai rivalnya menyusul untuk mulai menggunakan anti-gores ini. Berapa total gadget yang menggunakan anti-gores Gorilla Glass? Saat ini kurang dari lima milyar gadget telah diproduksi dengan menggunakan Gorilla Glass. Anti-gores ini juga sudah dipercaya oleh para vendor-vendor ternama seperti HP, ASUS, Samsung, Apple, Huawei, Dell, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa point yang musti kalian tahu tentang Gorilla Glass. Bagaimana menurut kalian? Apakah ponsel kalian sudah menggunakan anti-gores Gorilla Glass? Yuk, share pengalaman kalian di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here