mengatasi android bootloop

Bootloop terjadi karena ketidakmampuan sistem Android untuk melakukan reboot, dan gagal masuk kedalam sistem yang normal seperti biasanya. Hal ini banyak dialami pengguna Andoid yang senang untuk melakukan eksperimen baru pada ponselnya. Seperti memasang custom ROM, proses root yang salah, dan sebagainya.

Lalu apa yang menyebabkan bootloop itu terjadi? Banyak faktor yang memungkinkan ponsel Android kamu mengalami bootloop. Ketika kalian menginstall custom ROM, saat memasangnya kalian sudah menganggap bahwa prosesnya telah berhasil.

Padahal saat ponsel melakukan reboot, yang ada hanya gambar logo yang terus tampil, dan tidak pernah masuk kedalam sistem seperti seharusnya. Keadaan tersebut adalah ciri-ciri yang sangat jelas jika ponsel kamu mengalami bootloop.

Ada juga faktor penyebab terjadinya bootloop seperti, aplikasi yang korup, ada virus atau malware, cara install yang salah, atau file custom ROM yang rusak. Tetapi kami sarankan kalian jangan panik ketika ponsel Android kalian mengalami bootloop. Kali ini tabloidhandphone.com akan berbagi cara mudah untuk mengatasi bootloop di Android.

Cara Mengatasi Bootloop di Android

  1. Pertama, kamu harus mematikan ponsel kamu. Jangan lupa untuk mencabut kartu SIM dan kartu Micro-SD pada ponsel kamu.
  2. Masuklah kedalam Android Stock Recovery mode. Jika kamu menggunakan Samsung maka untuk masuk kedalam mode tersebut adalah dengan cara tekan tombol volume up + home dan power secara bersamaan. Perlu dicatat, bahwa setiap merek mempunyai cara yang berbeda untuk memasuki Android Stock Recovery mode.
  3. Jika sudah masuk kedalam mode tersebut, gunakanlah tombol volume up untuk memilih bacaan “wipe data/ factory reset”, dan tekan tombol volume down untuk menjalankannya. Hal ini akan membuat ponsel menghapus seluruh data di memori internal dan mengembalikannya ke setelan awal.
  4. Setelah proses “wipe data/factory reset” telah selesai, selanjutnya pilihlah instruksi reboot system untuk me-restart ponsel kalian.

Setelah semua proses itu telah selesai ponsel kalian akan kembali seperti semula lagi. Sayangnya, semua file di ponsel kalian akan menghilang, hal ini berlaku ketika kalian mencoba mengatasi bootloop sendiri ataupun dibawa ke tempat service.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here