asus zoom s

Asus Zenfone Zoom S

Rp 6.000.000
Asus Zenfone Zoom S
77

Desain

7/10

    Performa

    8/10

      Multimedia

      7/10

        Kamera

        8/10

          Daya Saing

          8/10

            Kelebihan

            • Dual-camera dengan lensa zoom
            • RAM 4GB dan internal 64GB
            • Dual-SIM 4G LTE

            Kekurangan

            • Slot SD card masih menyatu dengan SIM
            • Harga terlalu tinggi
            • Ukuran terlalu besar

             

            Zenfone Zoom S diketahui menanamkan baterai berkapasitas 5000 mAh yang menjajikan daya tahan baterai yang lebih lama. Sekaligus sebagai powerbank dadakan untuk smartphone lain. Namun, perangkat ini hanya dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625, dimana chipset ini merupakan chipset kelas low-end yang biasa tertanam pada smartphone seharga 3 juta-an kebawah.

            Dipasaran, Asus Zenfone Zoom S dijual dengan harga 6 juta-an rupiah. Namun apakah label harga yang dipatok sesuai dengan performa yang ditawarkan serta fitur yang ditanamkan? Berikut ulasan lengkapnya.

            Desain

            Samrtphone dual-kamera terbaru Asus ini hadir dengan desain yang cukup lebar dan memanjang di setiap sisinya. Perangkat ini memiliki panjang body mencapai 154.3 dan lebarnya mencapai 77 mm.

            Apalagi, dengan ukuran standar perempuan, perangkat ini cukup sulit untuk digunakan satu tangan. Alhasil pengguna harus menggunakan dua tangan setiap mengoperasikannya. Tak hanya itu, dengan balutan baterai yang tertanam berkapasitas 5000 mAh, membuat bobot perangkat in agak berat jika dibandingkan seri zenefone sebelumnya.

            Masuk kefungsionalitas perangkat, Zoom S hadir dengan tampilan desain yang tak jauh berbeda dengan pendahulunya. Perangkat ini masih setia membenamkan tombol power dan volume pada sisi kanan perangkat. Sedangkan pada sisi kiri terdapat slot SIMcard yang bersifat hybrid dimana slot sim card yang tertanam bisa difungsikan sebagai media penyimpanan data tambahan.

            Di bagian depan, Zenfone Zoom S dibekali kamera depan dengan resolusi 8 megapiksel yang ditemani oleh lampu notifikasi tanpa hadirnya lampu flash LED untuk memaksimalkan foto selfie.

            Layar AMOLED

            Dengan label harga yang mencapai 6 juta rupia, sudah sewajarnya jika perangkat ini dibekali dengan teknologi layar yang mempuni untuk memaksimalkan penggunaanya. Dibalut teknologi layar AMOLED, perangkat ini mampu menghadirkan kualitas layar yang tajam dengan detail yang cukup signifikan. Semakin memberikan nilai tambah perangkat, Zoom S sengaja membenamkan lapisan kaca 2.5D untuk memberikan kenyamanan ketika perangkat ini digunakan.

            Asus Zenfone S diketahui hadir dengan panel layar sentuh berukuran 5.5 inci dengan kombinasi resolusi layar Full HD yang memberikan tingkat kerapatan layar yang cukup tinggi yakni 401 ppi. Apikinya lagi, layar yang tertanam ini sudah dilapisi lapisian kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Beralih kebagian antarmukanya, Zoom S hadir dengan UI besutannya sendiri yakni Zen UI 3.0. Tak jauh berbeda dengan user interface sebelumnya, perangkat ini membawa cukup banyak aplikasi tambahan.

            Meski baru diperkenalkan, Zefone Zoom S masih mengadopsi sisitem operasi Android versi lama yakni Android 6.0 Marshmallow. Hal cukup disayangkan, karena rata-rata ponsel terkini sudah mengadopsi sistem android yang lebih up to date.

            Dual Kamera Plus Optical Zoom

            Meskipun saat ini kondisi pasar ponsel tanah air sudah banyak kedatanga ponsel pintar dengan dukungan dual-kamera dibanding belakang. Rata-rata fungsi kedua kamera yang tertanam lebih memfokuskan pada fitur depth of field yang mampu menghadirkan kualitas foto setara kamera DSLR ataupun lensa wide yang mempesona untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih eksotis.

            Memaksimalkan fungsi fotografi yang tertanam mulai dari ois (optical image stabilization) EIS untuk pengambilan video yang lebih stabil, asus Tritech+ untuk autofokus yang lebih cepat serta banyak futur lainnya.

            Masuk kemode perekam, Zenfone mengakomodasi aksi rekam video. Mulai dari merekam video beresolusi 4K UHD untuk mendapatkan kualitas gambar yang detail dan tajam. Berbekal fitur EIS yang tertanam hasil perekaman yang dilakukan terbilang baik minimnya goncangan yang ada eskipun pengambilan gambar yang dilakukan tidak stabil.

            Dapur Pacu

            Zenfone Zoom S hanya membekali perangkat ini dengan dengan chipset kelas medioker dimana chipset yang tertanam biasa hadir pada smartphone harga 2 juta hingga 4 juta-an. Hal ini rasanya sangan tidak sebanding dengan harga yang dipatok, nilai plusnya Asus menutupinya dengan memaksimalkan kinerja RAM dam memory internal yang besar.

            Asus Zenfone Zoom S hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 dengan kombinasi RAM 4GB. Secara performa memang perangkat ini sudah memenuhi kebutuhan dalam beragam aktifitas seperti bermain game, fotografi, streaming dan aktifitas lainya tanpa adanya hambatan yang berarti.

            Seperti biasa kami menggunakan aplikasi seperti Antutu v6.2.7,GeekBench4, 3Dmark serta Nenmark2 sebagai bencmark standar. Setelah pengujian dilakukan secara berulang, skor Antutu v6.2.7 cukup baik dengan angka mencapai 62920. Sedangkan untuk skor GeekBench4 adalah 3398 untuk Computer skor. Sedangkan skor CPU skor adalah 860(single-core) dan 4205 (multi-core)

            Zenfone Zoom S juga membekali perangkat ini dengan kapasitas baterai yang sangat besar. Hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang mampu menghadirkan daya tahan lebih lama ketika digunakan untuk menikmati konten multimedia. Zenfone Zoom S saat digunakan secara normaldapat digunakan hingga 2 hari.

            Hadir dengan harga 6 jutaa rupiah, Zenfone Zoom S hadir dengan fitur fotografi yang bisa diandalkan bagi pecinta fotografi. Namun superior di sisi fotografi tidak diimbangi dengan sisi kinerja yang terbilang biasa saja.

            Direntang harga ini, smartphone berdar dipasaran setidaknya sudah menggunakan chipset yang lebih m.kinerja yang dihadirkan oleh Zenfone Zoom S bahkan kalah jauh dibanding dengan Oppo F3 Plus dan LG G5 SE yang memiliki harga tak jauh beda seta fitur yang nyaris serupa. Nilai plus Zenfone Zoom S ada pada sisi daya tahan baterai yang lebih tahan lama.

            LEAVE A REPLY

            Please enter your comment!
            Please enter your name here